Januari 18, 2019      ,    No comments

Apa Itu CT Scan ?

CT Scan merupakan singkatan dari <i>Computed Tomography</i> Scan, merupakan salah satu pemeriksaan yang sering kali harus dilakukan untuk menentukan penyakit pasien. Pemeriksaan CT Scan menggunakan kombinasi antara teknologi rontgen (sinar X) dan komputer. Pemeriksaan ini berfungsi untuk melihat kondisi didalam tubuh secara lebih detail atau mendalam. Biasanya CT Scan dikerjakan dengan 2 cara: tanpa kontras atau dengan kontras.

Apa Itu CT Scan Dengan Kontras ?


CT Scan dengan bantuan zat kontras untuk memperjelas hasil yang akan didapatkan. Biasanya dokter Anda akan meminta secara detail, apakah pemeriksaan perlu memakai zat kontras atau tidak. Zat kontras akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan ke pembuluh darah, melalui mulut, atau melalui dubur, tergantung organ apa yang akan diperiksa.

Berapa Biaya CT Scan di RS Bumi Waras Lampung ?

Biaya bervariasi mulai dari Rp. 900.000 s.d Rp. 2.500.000, tergantung luas area yang diperiksa dan penggunaan zat kontras. Bagi Anda pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), pemeriksaan CT Scan di RS Bumi Waras tidak dipungut biaya jika melalui prosedur yang berlaku.


Berapa Lama Pemeriksaan CT Scan dilakukan ?
Pemeriksaan dilakukan sekitar 30-60 menit

Berapa Lama Saya Dapat Mengambil Hasil Pemeriksaan CT Scan ?
Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil hasil diperkirakan 3 jam - 2 hari, tergantung pembacaan hasil CT Scan oleh dokter spesialis radiologi.


Adakah Komplikasi CT Scan ?
CT Scan hanya menggunakan radiasi dalam jumlah yang relatif sangat kecil, sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda, kecuali jika Anda dalam keadaan hamil (dimana Anda akan memerlukan perhatian lebih khusus). Penderita penyakit ginjal berat tidak diperbolehkan melakukan pemeriksaan CT Scan dengan kontras. Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap zat kontras, sebaiknya memberitahu petugas sebelum dilakukan pemeriksaan.




*disclaimer: Tulisan ini hanya sebagai informasi pendukung, dan tidak untuk digunakan sebagai pengganti saran medis. 

0 comments:

Posting Komentar

Translate